Syarat dan Ketentuan Ada Dokter Untuk Dokter
SYARAT
DAN KETENTUAN LAYANAN
APLIKASI ADA DOKTER UNTUK DOKTER DAN MITRA LAINNYA
PENTING:
Anda sebagai pengguna (“Anda”) aplikasi Ada Dokter for Doctors (“Aplikasi”)
diwajibkan untuk membaca Syarat dan Ketentuan Layanan ini (“Ketentuan
Layanan”) dan Kebijakan Privasi yang terlampir (“Kebijakan Privasi”)
dengan hati-hati dan seksama sebelum mengunduh maupun menggunakan setiap fitur
dan/atau layanan yang tersedia dalam Aplikasi.
Dengan
mengunduh, memasang, dan/atau menggunakan Aplikasi, Anda setuju bahwa Anda
telah membaca, memahami, mengetahui, menerima, dan menyetujui seluruh
informasi, syarat-syarat, dan ketentuan-ketentuan penggunaan Aplikasi yang
terdapat dalam Ketentuan Layanan ini.
Mohon
diperhatikan bahwa Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi dapat diperbarui
dari waktu ke waktu dan pembaruan tersebut akan Kami beritahukan kepada Anda
pada saat Anda mengakses Aplikasi. Silakan menghapus Aplikasi dalam perangkat
elektronik Anda, termasuk mengajukan permintaan penghapusan akun (dalam hal
Anda telah melakukan pendaftaran sebagai pengguna Aplikasi) apabila Anda tidak
setuju terhadap Ketentuan Layanan ini (sebagaimana diperbarui dari waktu ke
waktu).
1.
KETENTUAN UMUM
1.1. Koneksi
internet diperlukan untuk dapat mengakses Aplikasi. Segala biaya yang timbul
atas koneksi perangkat elektronik Anda dengan jaringan internet merupakan tanggung
jawab Anda sepenuhnya.
1.2. Untuk
menghindari keragu-raguan, Kami bukan merupakan penyelenggara pelayanan
kesehatan, apotek, tempat penyelenggaraan praktik medis, maupun kurir. Kami
tidak mempekerjakan Anda dan Kami tidak bertanggung jawab atas setiap tindakan
dan/atau kelalaian dari Anda. Aplikasi ini hanya merupakan sarana untuk
meningkatkan pelayanan profesional di dunia kedokteran di Indonesia.
1.3.
Kami dapat menggunakan jasa pihak ketiga terkait penyediaan layanan pembayaran.
Karena itu segala bentuk kegagalan sistem terkait yang disebabkan hal yang di
luar kendali Kami terkait dengan layanan pembayaran yang disediakan pihak
ketiga adalah di luar tanggung jawab Kami. Namun demikian, Kami akan berupaya
maksimal untuk membantu menyelesaikan masalah yang mungkin timbul. Penyedia
jasa perbankan/pembayaran yang dipilih oleh Anda dapat mengenakan biaya
tambahan kepada Anda atas layanan yang diberikan.
1.4. Kami
berhak untuk tidak memproses registrasi, membatasi, atau menghentikan
penggunaan Aplikasi jika Kami memiliki alasan untuk mencurigai bahwa Anda telah
melanggar ketentuan dari Ketentuan Layanan ini atau peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
1.5. Kami
berhak sewaktu-waktu mengubah, menghapus dan/atau untuk menerapkan syarat dan
ketentuan baru dalam Ketentuan Layanan ini. Perubahan terhadap Ketentuan
Layanan akan segera berlaku efektif kepada Anda pada saat Anda mengakses
Aplikasi pertama kalinya setelah perubahan tersebut efektif. Pemakaian Anda
yang berkelanjutan terhadap Aplikasi akan dianggap sebagai persetujuan untuk
tunduk kepada perubahan atas syarat dan ketentuan dari Ketentuan Layanan.
1.6. Kami
berhak sewaktu-waktu mengubah, menghapus, mengurangi, menambah dan/atau
memperbarui fitur atau fasilitas dalam Aplikasi. Pemakaian Anda yang berkelanjutan
terhadap Aplikasi akan dianggap sebagai persetujuan kepada perubahan,
penghapusan, pengurangan, penambahan dan/atau pembaruan fitur atau fasilitas
Aplikasi.
1.7. Anda
memahami dan menyetujui bahwa percakapan Anda dengan Pengguna (sebagaimana
didefinisikan di bawah) maupun percakapan antara Anda dengan dokter lain dalam
Aplikasi tersimpan secara otomatis dan diarsipkan untuk keperluan legal dan
peningkatan kualitas pelayanan Kami. Dengan menggunakan Aplikasi, Anda
mengetahui bahwa percakapan melalui fitur chat akan direkam dan Anda bersedia
untuk direkam. Kerahasiaan percakapan anda terjamin dan tidak akan
disebarluaskan.
2.
LAYANAN
2.1. Aplikasi
merupakan aplikasi perangkat lunak yang berfungsi sebagai sarana untuk
memfasilitasi Anda sebagai penyedia layanan dan pengguna Aplikasi yang
menggunakan layanan (“Pengguna”) melalui video call, voice
call maupun chat. Tujuan dari Aplikasi ini adalah untuk meningkatkan
pelayanan profesional para dokter yang berprofesi di dunia kedokteran di
Indonesia.
2.2. Aplikasi
ini tidak untuk dipergunakan secara umum, melainkan hanya untuk Anda yang
berprofesi sebagai dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi umum, dokter gigi
spesialis, psikolog klinis dan/atau psikolog yang diakui oleh asosiasi profesi
terkait dan memiliki sertifikat resmi.
2.3
Untuk dapat menggunakan fitur Online Consultations dan Offline
Consultations (Konsultasi Tatap Muka), Anda wajib mencantumkan nomor dan
foto / hasil scan: Surat Tanda Registrasi (STR) serta Surat Izin Praktik (SIP)
yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia bagi profesi dokter umum,
dokter spesialis, dokter gigi umum dan/atau dokter gigi spesialis yang masih
berlaku dan Surat Tanda Registrasi (STR) dan/atau Surat Izin Praktik
Psikolog (SIPP) yang dikeluarkan oleh Ikatan Psikolog Kinis untuk psikolog
klinis dan/atau psikolog. Pendaftaran pada Aplikasi dilakukan dengan memberikan
foto dan hasil scan sertifikat Sarjana Kedokteran atau Kedokteran Gigi. Anda
juga dapat mengirimkan surat-surat tersebut melalui e-mail ke adadokter@gmail.com
2.4. Platform berperan sebagai
platform perantara yang menghubungkan Anda dengan penyedia layanan kesehatan,
termasuk dokter dan rumah sakit (“Penyedia Layanan”).
2.5. Platform memperbolehkan Anda
untuk mengirimkan permintaan Layanan kepada Penyedia Layanan. Penyedia Layanan,
sesuai kebijaksanaan tunggal mereka, dapat menerima atau menolak permintaan
Anda atas Layanan yang diminta.
2.6 Platform dan Layanan bukan
merupakan praktik pengobatan atau praktik layanan medis, perawatan, atau
layanan kesehatan profesional lainnya. Anda sebaiknya meminta saran dokter atau
penyedia layanan kesehatan lainnya yang berkualifikasi mengenai pertanyaan apa
pun terkait kondisi kesehatan atau medis Anda. Jika Anda memiliki atau menduga
bahwa Anda memiliki masalah kesehatan atau kondisi medis tertentu, segera
hubungi ahli kesehatan yang berkualifikasi.
2.7 Kami adalah perusahaan
teknologi, bukan penyedia layanan kesehatan, dan kami tidak menyediakan layanan
kesehatan. Kami tidak mempekerjakan Penyedia Layanan, dan kami tidak
bertanggung jawab atas tindakan, kecerobohan, kelalaian, dan/atau kelengahan
Penyedia Layanan. Platform merupakan layanan informasi dan komunikasi online yang
disediakan oleh Ada Dokter.
A. Fitur
Online Consultations (Konsultasi Online)
2.4.
Fitur Aplikasi ini memfasilitasi Anda sebagai penyedia layanan dalam
berinteraksi dengan Pengguna melalui video call, voice call
maupun chat.
2.5.
Pengguna dapat menghubungi Anda dengan metode secara langsung ketika Anda
berstatus online/buka atau metode melalui pembuatan janji pada
waktu tertentu. Ketersediaan metode Bicara dengan Dokter merupakan kebijakan
Kami sepenuhnya.
2.6.
Pengguna dapat membatalkan janji Bicara dengan Dokter maksimal 45 (empat puluh
lima) menit untuk janji dengan psikolog dan/atau psikolog klinis dan/atau 30
(tiga puluh menit) untuk janji dengan dokter umum, dokter spesialis, dokter
gigi umum, dan/atau dokter gigi spesialis sebelum jadwal yang Pengguna pilih
pada Platform Kami. Kami akan mengembalikan uang yang telah Pengguna bayarkan
secara penuh jika Pengguna melakukan pembatalan sesuai dengan prosedur Kami.
2.7.
Anda dapat membatalkan janji Bicara dengan Dokter yang Pengguna buat maksimal
45 (empat puluh lima) menit bagi Anda yang berprofesi sebagai psikolog dan/atau
psikolog klinis dan maksimal 30 (tiga puluh) menit bagi Anda yang berprofesi
sebagai dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi umum dan/atau dokter gigi
spesialis sebelum jadwal yang Pengguna pilih. Kami akan mengembalikan uang yang
telah Pengguna bayarkan secara penuh jika Anda melakukan pembatalan janji
Pengguna.
2.8.
Jika Pengguna tidak hadir pada janji yang telah Pengguna buat dalam waktu
maksimal 5 (lima) menit setelah jadwal yang Pengguna pilih maka Pengguna
menyetujui bahwa jadwal janji Pengguna akan dianggap terpenuhi dan uang yang
telah Pengguna bayarkan tidak dapat dikembalikan dan akan kami bayarkan kepada
Anda sesuai dengan besaran biaya jasa yang berhak Anda terima.
2.9.
Jika Anda tidak hadir pada janji yang telah Pengguna buat dalam waktu maksimal
5 (lima) menit setelah jadwal yang Pengguna pilih maka Pengguna menyetujui
bahwa jadwal janji Pengguna akan dianggap batal dan Kami akan mengembalikan
uang yang telah Pengguna bayarkan secara penuh kepada Pengguna. Tidak ada biaya
jasa yang berhak Anda terima atas ketidakhadiran atau keterlambatan Anda pada
jadwal janji, setelah batas toleransi keterlambatan dari jadwal janji telah
terlampaui.
2.10.
Kami dapat mengakhiri secara otomatis jadwal janji Anda dengan Pengguna apabila
batas toleransi ketidakhadiran atau keterlambatan Anda ataupun Pengguna
melampaui 5 (lima) menit dari jadwal janji yang telah dipilih oleh Pengguna.
2.11.
Dalam fitur ini, Anda dapat memberikan Doctor Notes (Catatan Dokter) dan
Digital Prescription (Resep Elektronik), template, Follow
Up (Tindak Lanjut), dan Referral (Rujukan) kepada Pengguna
setelah Pengguna berkonsultasi dengan Anda melalui fitur Online
Consultations.
2.12.
Anda bertanggung jawab atas Doctor Notes (Catatan Dokter) dan/atau Digital
Prescription (Resep Elektronik) yang diberikan oleh Anda kepada
Pengguna. Anda dianggap telah melakukan pemeriksaan terhadap Pengguna untuk
setiap Digital Prescription (Resep Elektronik) yang diberikan.
2.13.
Dalam memberikan Follow Up (Tindak Lanjut) dan Referral (Rujukan)
Anda wajib memperhatikan aspek medis.
2.14.
Memeriksa Memeriksa Riwayat Chat(history) Dokter dapat memeriksa kembali
riwayat konsultasi sebelumnya dengan Pengguna.
2.15.
Anda mengetahui dan menyetujui bahwa fitur ini tidak menggantikan pemeriksaan
dan pengobatan dengan dokter pada umumnya atau tatap muka secara langsung.
B.
Fitur Offline Consultations (Konsultasi Tatap Muka)
2.16.
Anda dapat memberikan Doctor Notes (Catatan Dokter) dan E-Prescription
(Resep Elektronik).
2.17.
Anda bertanggung jawab atas Doctor Notes (Catatan Dokter) dan E-Prescription
(Resep Elektronik) yang diberikan oleh Anda kepada pasien ("Pasien").
Anda dianggap telah melakukan konsultasi dan diagnosa terhadap Pasien untuk
setiap Doctor Notes (Catatan Dokter) dan E-Prescription (Resep
Elektronik) yang diberikan.
3.
Ketentuan Penggunaan Aplikasi
3.1.Anda
menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang memiliki hak untuk
mengadakan perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum Republik Indonesia dan
bahwa Anda telah berusia minimal 22 (dua puluh dua) atau sudah menikah dan
tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan. Kami berhak untuk menutup atau
membatalkan akun Anda apabila hal tersebut tidak benar. Anda selanjutnya
menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk
menggunakan dan memberikan layanan melalui Aplikasi dan akan senantiasa
mematuhi Ketentuan Layanan.
3.2.
Anda dapat menggunakan Aplikasi dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran
yang disertai pemberian informasi data pribadi Anda sebagaimana diminta dalam
Aplikasi (“Data Pribadi”). Informasi terkait Data Pribadi yang diberikan
hanya akan digunakan oleh Kami untuk pemberian layanan-layanan dalam Aplikasi
dan untuk tujuan lain yang telah Anda setujui sesuai dengan ketentuan
perundang-undangan yang berlaku. Kebijakan Privasi (sebagaimana diperbarui dari
waktu ke waktu) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Layanan
ini. Anda harus memberikan informasi yang akurat dan lengkap, memperbarui
informasi dan setuju untuk memberikan kepada Kami bukti identitas apapun yang
secara wajar dapat Kami mintakan. Jika terdapat perubahan pada Data Pribadi
yang Anda berikan kepada Kami, misalnya, jika Anda mengubah alamat surel, nomor
telepon, Anda wajib memperbarui rincian informasi Anda dengan mengirimkan
permintaan Anda kepada Kami.
3.3.
Setelah mendaftarkan diri pada Aplikasi, Anda akan mendapatkan suatu akun
pribadi yang dapat diakses. Anda berjanji untuk tidak menyerahkan,
mengalihkan maupun memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan
identitas Anda atau menggunakan akun Anda. Anda wajib menjaga kerahasiaan akun Anda. Dalam hal terjadi pengungkapan atas
kata sandi Anda yang terjadi bukan atas kesalahan Kami, dengan cara apapun yang
mengakibatkan penggunaan yang tidak sah dan tanpa kewenangan atas akun Anda,
transaksi yang dilakukan melalui Aplikasi masih akan dianggap sebagai transaksi
yang sah kecuali apabila Anda telah memberitahu Kami tentang hal tersebut
sebelum transaksi terjadi.
3.4.
Anda diharuskan untuk melaporkan kepada Kami bila Anda, oleh sebab apapun,
tidak memiliki kontrol atas akun Anda. Anda bertanggung jawab atas setiap
penggunaan akun Anda dalam Aplikasi meskipun jika akun tersebut telah
disalahgunakan oleh orang lain.
3.5.
Anda tidak diperkenankan untuk membahayakan, menyalahgunakan, mengubah atau
memodifikasi Aplikasi dengan cara apapun. Kami berhak untuk menutup atau
membatalkan akun Anda dan melarang Anda untuk menggunakan Aplikasi lebih lanjut
jika Anda menggunakan Aplikasi tanpa mematuhi Ketentuan Layanan ini.
3.6.
Anda memahami dan setuju bahwa penggunaan Aplikasi oleh Anda akan tunduk pula
pada Kebijakan Privasi Kami sebagaimana berlaku dari waktu ke waktu. Dengan
menggunakan Aplikasi, Anda juga memberikan persetujuan sebagaimana
disyaratkan berdasarkan Kebijakan Privasi Kami.
3.7.
Dengan memberikan informasi kepada Kami, Anda menyatakan bahwa Anda berhak
untuk memberikan kepada Kami informasi yang akan digunakan oleh Kami.
3.8.
Apabila Anda mencurigai adanya aktivitas yang tidak wajar sehubungan dengan
akun Anda, Anda dapat segera menghubungi Kami agar Kami dapat segera
mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk melakukan penangguhan segala
transaksi yang berasal dari akun Anda. Kami juga dapat melakukan tindakan
penangguhan transaksi tersebut secara mandiri berdasarkan identifikasi.
3.9.
Saat mengakses dan menggunakan Aplikasi termasuk setiap fitur dan layanannya,
Anda tidak diperkenankan untuk:
3.9.1.
mengalihkan akun Anda di Aplikasi kepada pihak lain tanpa persetujuan terlebih
dahulu dari Kami.
3.9.2.
mengalihkan data, informasi dan/atau dokumen yang didapatkan oleh Anda melalui
Aplikasi kepada pihak yang tidak berkepentingan berdasarkan peraturan dan
ketentuan yang berlaku terkait dengan data, informasi dan/atau dokumen
tersebut.
3.9.3.
menyebarkan virus, spam atau teknologi sejenis lainnya yang dapat merusak
dan/atau merugikan Aplikasi dan pengguna lainnya.
3.9.4.
memasukkan atau memindahkan fitur pada Aplikasi tanpa persetujuan dari Kami.
3.9.5.
menempatkan informasi atau aplikasi lain yang melanggar hak kekayaan
intelektual pihak lain di dalam Aplikasi.
3.9.6.
mengambil atau mengumpulkan data pribadi dari pengguna lain, termasuk tetapi
tidak terbatas pada alamat email, tanpa persetujuan pengguna tersebut.
3.9.7.
menggunakan Aplikasi untuk aktivitas yang bertentangan dengan hukum, termasuk
namun tidak terbatas kepada tindak pidana pencucian uang, pencurian,
penggelapan, terorisme maupun penipuan.
3.9.8.
menggunakan Aplikasi untuk mendistribusikan iklan atau materi lainnya.
3.10.
Kami mengapresiasi kerja keras dan etika profesi Anda saat menjalankan
Konsultasi Online, dimana dalam menjalankan aktifitas tersebut Anda akan
memperhatikan tutur kata, norma kesopanan, dan batas-batas kewajaran dalam
berkomunikasi dengan Pasien yang mana termasuk namun tidak terbatas tidak
mengajak Pasien untuk melakukan Konsultasi Online di luar Aplikasi. Atas
pelanggaran norma dan Batasan yang telah Kami sebutkan di atas, Kami akan
melakukan tindakan yang Kami rasa diperlukan.
3.11.
Anda mengetahui dan menyetujui bahwa tarif yang tercantum pada Aplikasi dapat
diubah sewaktu-waktu oleh Kami tanpa pemberitahuan sebelumnya.
3.12.
Anda tidak dikenakan tarif berlangganan apa pun untuk dapat bergabung dalam
Aplikasi ini.
4.
PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
4.1.
Kami tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan, tuntutan atau
kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil maupun immateriil yang timbul
dari, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) interaksi antara Anda dengan
Pengguna melalui Aplikasi (ii) pemakaian Aplikasi oleh Anda, atau atas klaim
apapun yang terkait dengan pemakaian Aplikasi oleh Anda.
4.2.
Kami tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan, tuntutan atau
kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil maupun immateriil yang timbul
dari saran medis dan/atau rekomendasi medis dan/atau Doctor Notes
(Catatan Dokter) dan/atau E-Prescription (Resep Elektronik) yang diberikan oleh
Anda kepada Pengguna.
4.3. Kami
tidak bertanggung jawab atas setiap isi dan/atau pernyataan-pernyataan dalam
percakapan yang dilakukan oleh Anda dengan Pengguna menggunakan fitur video
call, voice call maupun chat pada Aplikasi, hal
tersebut ialah percakapan pribadi antara Anda dengan Pengguna dan jelas di luar
kuasa kendali Kami, maka apabila di kemudian hari muncul permasalahan hukum
mengenai isi dan/atau pernyataan-pernyataan dari percakapan antara Anda dengan
Pengguna dalam fitur-fitur tersebut, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda dan
Anda membebaskan Kami dari segala tuntutan, dakwaan dan akibat hukum yang ada.
4.4. Dengan
menggunakan fitur E-Prescription (Resep Elektronik), Anda dianggap telah
meminta persetujuan sebelumnya dari Pasien atau Pengguna. Kami tidak
bertanggung jawab atas tuntutan, gugatan atau akibat hukum yang mungkin dapat
timbul sehubungan dengan hal tersebut.
4.5.
Anda dianggap telah meminta persetujuan dari Pasien sebelum memberikan Digital
Prescription (Resep Elektronik) yang Anda berikan untuk Pasien
tersebut. Kami tidak bertanggung jawab atas tuntutan, gugatan atau akibat hukum
yang mungkin dapat timbul sehubungan dengan hal tersebut
4.6.
Dengan menggunakan fitur templates, dokter bertanggung jawab atas segala
konten yang dibuat, dan konten/ percakapan yang dibuat harus jelas dan dipahami
oleh Pasien. Kami tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul dari
penggunaan fitur templates terhadap Pasien.
4.7.
Dengan menggunakan fitur fitur Follow Up (Tindak Lanjut) dan/atau Referral
(Rujukan) Anda bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul berdasarkan
hasil analisa dan diagnosa dengan Pasien.
4.8.
Dengan engan menggunakan fitur riwayat chat dengan Pasien, Anda bertanggung
jawab atas segala akibat yang timbul berdasarkan hasil analisa dan diagnosa
yang anda sediakan kepada Pasien.
4.9.
Kami tidak bertanggung jawab atas ketersediaan obat yang Anda resepkan dan
pesankan untuk Pasien di apotek yang Anda pilih. Kami juga tidak menjamin bahwa
Pasien akan mengambil obat yang telah Anda pesankan untuknya
5.
TANPA JAMINAN
5.1. Kami tidak memberikan pernyataan, jaminan, atau
garansi atas keandalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan,
keakuratan, atau kelengkapan Layanan dan/atau Platform, termasuk tetapi
tidak terbatas untuk, Layanan yang diperoleh oleh atau dari Penyedia Layanan
melalui penggunaan Platform.
5.2. Sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku,
kami tidak memberikan pernyataan atau menjamin bahwa:
i. penggunaan Layanan dan/atau Platform akan aman,
tepat waktu, tidak terganggu, atau bebas dari kesalahan, atau beroperasi dengan
baik dengan perangkat keras, perangkat lunak, sistem, atau data apa pun;
ii. Layanan akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
iii. data apa pun yang disimpan bersifat akurat atau andal;
iv. kualitas produk, layanan, informasi, atau materi lain apa pun yang Anda
beli atau peroleh melalui Platform akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
v. kesalahan atau kecacatan di Platform akan diperbaiki; atau
vi. aplikasi atau server yang menyusun Platform bebas dari
virus atau komponen berbahaya lainnya.
5.3. Layanan-layanan diberikan kepada Anda
sebagaimana adanya. Sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, semua
ketentuan, pernyataan, dan jaminan, baik tersirat maupun tersurat, sah atau
tidak, termasuk tetapi tidak terbatas pada, jaminan produk dagang yang
tersirat, keselarasan untuk tujuan khusus, atau ketiadaan pelanggaran atas hak
pihak ketiga, dengan ini dikecualikan dan disangkal hingga batas tertinggi dan
maksimal. Anda menyatakan dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul akibat
penggunaan Anda atas Platform dan Layanan tetap dan mutlak merupakan tanggung
jawab Anda, dan Anda tidak akan meminta jaminan apa pun kepada Ada Dokter.
6.
PENGECUALIAN TANGGUNG JAWAB
6.1. Kami tidak bertanggung jawab atas cedera,
kematian, kerusakan, atau kerugian apa pun yang dialami oleh Anda akibat
praktik Penyedia Layanan atau pihak ketiga lain apa pun. Kami juga tidak
bertanggung jawab atas pelanggaran atau tindakan kriminal apa pun yang
dilakukan oleh Penyedia Layanan mana pun selama melaksanakan Layanan. Penyedia
Layanan hanyalah mitra kerja kami, bukan karyawan, agen, atau perwakilan kami.
6.2. Kami mengambil langkah-langkah teknis dan
keamanan yang sesuai dan wajar untuk menjaga agar Platform tetap aman dan bebas
dari virus dan kesalahan. Namun, meskipun teknologi ini efektif, tidak ada
sistem keamanan yang tidak dapat ditembus. Dengan demikian, kami tidak dapat
menjamin keamanan basis data kami maupun menjamin bahwa informasi yang Anda
berikan tidak akan dihadang saat dikirimkan kepada kami. Kami akan
menginformasikan kepada Anda secara tertulis apabila terdapat pelanggaran
keamanan data yang melibatkan informasi pribadi Anda.
6.3. Platform dapat mengalami pembatasan, penundaan,
dan masalah lain terkait penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk
kecacatan perangkat yang digunakan oleh Anda atau Penyedia Layanan, tidak
terhubung, di luar jangkauan, tidak aktif, atau tidak berfungsi. Kami tidak
bertanggung jawab atas penundaan, kegagalan pengiriman, kerusakan, atau
kerugian apa pun akibat masalah-masalah tersebut.
6.4. Ada Dokter dan/atau pemberi lisensi, afiliasi,
dan masing-masing anggota, pejabat, direktur, komisaris, karyawan, pengacara,
dan agennya (“Penerima Ganti Rugi”) tidak akan bertanggung jawab kepada Anda
atas kerugian, biaya, pengeluaran (termasuk biaya dan pengeluaran hukum),
kerusakan, penalti, atau jumlah pembayaran apa pun atau bagaimana pun yang
disebabkan (apa pun bentuk tindakannya), secara langsung atau tidak langsung,
terkait:
i. akses, penggunaan, dan/atau ketidakmampuan apa pun
untuk menggunakan Platform atau Layanan;
ii. ketergantungan terhadap data atau informasi apa pun yang tersedia melalui
Platform dan/atau Layanan;
iii. kegagalan, kesalahan, kelalaian, gangguan, penundaan sistem, server,
atau koneksi apa pun dalam pengiriman, virus komputer atau kode, program agen
atau macros yang berbahaya, menghancurkan, atau merusak
lainnya; dan
iv. penggunaan apa pun atas atau akses ke situs web atau halaman web lain apa
pun yang tertaut ke Platform; bahkan jika kami, pejabat, agen, atau karyawan
kami mungkin sudah disarankan atau mengantisipasi kemungkinan yang sama.
7.
GANTI RUGI
7.1. Anda setuju untuk melindungi, memberikan ganti
rugi, dan membebaskan kami dan pihak mana pun yang menerima ganti rugi dari dan
terhadap semua dan tuntutan, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab, dan
pengeluaran (termasuk biaya pengacara) apa pun yang timbul akibat atau terkait:
7.2. penggunaan Anda atas Layanan dan/atau Platform,
transaksi Anda dengan Penyedia Layanan, penyedia pihak ketiga, mitra, pengiklan,
dan/atau sponsor;
ii. pelanggaran Anda atas ketentuan apa pun dalam Syarat dan Ketentuan ini atau
hukum atau peraturan apa pun yang berlaku, baik yang dirujuk di sini maupun
tidak;
iii. pelanggaran Anda atas hak pihak ketiga apa pun, termasuk Penyedia Layanan
yang menyediakan Layanan melalui Platform; atau
iv. penggunaan atau penyalahgunaan Anda atas Platform.
7.3. Kewajiban perlindungan dan ganti rugi ini akan
tetap berlaku setelah Syarat dan Ketentuan serta penggunaan Anda atas Platform
dan/atau Layanan berakhir.
8.
PERNYATAAN DAN JAMINAN
Anda
menyatakan dan menjamin kepada Kami, masing-masing pernyataan di bawah ini,
untuk sekarang dan selanjutnya selama Anda masih menggunakan Aplikasi, adalah
benar dan akurat:
a.
Anda telah memiliki segala lisensi, perizinan, pengesahan, dan persetujuan yang
diperlukan untuk menjalankan praktik kedokteran dan bersedia memberikan
salinannya kepada Kami;
b.
Anda telah memiliki segala persetujuan yang diperlukan untuk menggunakan dan
menjalankan Aplikasi;
c.
Anda telah mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk mengizinkannya untuk
melaksanakan Ketentuan Layanan ini;
d.
Ketentuan Layanan ini merupakan kewajiban yang sah, berlaku dan mengikat dan
dapat dilaksanakan terhadap Anda;
e.
Ketentuan Layanan dan pelaksanaan hak dan kewajiban berdasarkan Ketentuan
Layanan tidak akan bertentangan atau berakibat pada pelanggaran ketentuan
hukum, peraturan, putusan, perintah, kewenangan, perjanjian, atau kewajiban
yang dapat diberlakukan pada Anda;
f.
Anda memiliki hak untuk memberikan informasi kepada Kami dalam penggunaan
Aplikasi, yang akan Kami gunakan dan berikan kepada pihak ketiga lainnya (bila
diperlukan);
g.
Anda mengakui dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul atas pelaksanaan
praktik kedokteran melalui Aplikasi ini ditanggung Anda sepenuhnya sehingga
Anda tidak memiliki hak untuk meminta ganti rugi dalam bentuk apapun kepada
Kami;
h.
Anda akan membela, memberikan ganti rugi dan membebaskan Kami, afiliasi Kami,
dan masing-masing dari petugas, karyawan, direktur, komisaris, pemegang saham,
pengacara dan agen Kami dari dan terhadap setiap dan semua klaim, biaya,
kerusakan, kerugian, kewajiban dan biaya (termasuk biaya dan ongkos pengacara)
yang timbul dari atau sehubungan dengan: (a) pelaksanaan praktik kedokteran
yang disediakan Anda dan/atau Aplikasi oleh Anda, hubungan Anda dengan
Pengguna, atau (b) pelanggaran atas atau tidak dipatuhinya salah satu ketentuan
dalam Ketentuan Layanan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik
yang disebutkan di sini atau tidak, atau (c) pelanggaran Anda terhadap hak-hak
pihak ketiga atau (d) penggunaan atau penyalahgunaan Aplikasi. Kewajiban
pembelaan dan pemberian ganti rugi ini akan tetap berlaku walaupun Ketentuan
Layanan telah berakhir; dan
i.
Anda akan dan selalu menjamin Kami dari dan terhadap kerugian yang timbul dari
atau sehubungan dengan pelanggaran atas pernyataan dan jaminan dalam Pasal ini.
9.
HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL
9.1.
Kami adalah pemilik tunggal atas nama, ikon, dan logo Ada Dokter serta fitur dalam
Aplikasi, yang mana merupakan hak cipta dan merek dagang yang dilindungi
undang-undang Republik Indonesia. Dilarang keras menggunakan, memodifikasi,
atau memasang nama, ikon, logo, atau merek tersebut tanpa persetujuan tertulis
dari Kami
9.2.
Seluruh hak atas kekayaan intelektual yang terdapat dalam Aplikasi dilindungi
oleh hak cipta dan hak lainnya yang disediakan berdasarkan hukum negara
Republik Indonesia, termasuk dalam hal ini adalah kepemilikan hak kekayaan
intelektual atas seluruh source code Aplikasi dan hak kekayaan
intelektual terkait Aplikasi. Untuk itu, Pengguna dilarang untuk melakukan
pelanggaran atas hak kekayaan intelektual yang terdapat pada Aplikasi ini,
termasuk melakukan modifikasi, karya turunan, mengadaptasi, menduplikasi,
menyalin, menjual, membuat ulang, meretas, menjual, dan/atau mengeksploitasi
Aplikasi ini termasuk penggunaan Aplikasi atas akses yang tidak sah,
meluncurkan program otomatis atau script, atau segala program apapun yang
mungkin menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi, atau dengan cara apapun
memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi atau
isinya.
9.3.
Anda hanya diperbolehkan untuk menggunakan Aplikasi maupun salinan Aplikasi
untuk keperluan pemberian jasa telekonsultasi secara non-eksklusif, tidak dapat
dipindahtangankan, tidak dapat dialihkan dan tidak dapat disublisensikan.
9.4.
Kami memiliki hak sepenuhnya untuk melakukan tindakan hukum terhadap setiap
pelanggaran yang dilakukan oleh Anda terkait dengan hak kekayaan intelektual
yang terkait Aplikasi.
10.
BIAYA DAN PEMBAYARAN
10.1.
Kami berhak untuk menarik kembali biaya jasa yang telah diterima Anda atas
hasil transaksi dan/atau membekukan akun Anda apabila Kami menemukan adanya
kecurangan, penyalahgunaan, penipuan yang dilakukan oleh Anda dalam Aplikasi.
10.2.
Anda dengan ini menyetujui bahwa Pengguna akan dikenakan biaya tambahan
dari Ada Dokter berupa Biaya
Layanan (Service Fee) untuk menggunakan layanan Kami.
10.3.
Untuk penarikan uang, Anda diwajibkan melampirkan nama yang sesuai dengan yang
tertera di Kartu Tanda Penduduk (“KTP”), nomor KTP, nama sesuai dengan
yang tertera di Nomor Pokok Wajib Pajak (“NPWP”), nomor NPWP, nama yang
sesuai dengan yang tertera di Rekening Bank, nomor Rekening Bank, nama Bank,
dan cabang/kota dari Rekening Bank tersebut, Anda dapat meminta penarikan saldo
Ada Dokter satu kali dalam seminggu, satu kali dalam sebulan dan akan ditransfer kepada rekening Anda
setiap Jumat. Untuk transaksi yang lebih cepat, Anda dianjurkan untuk memakai rekening
bank .
10.4.
Anda dengan ini menyetujui bahwa setiap penarikan saldo dari saldo akun Ada
Dokter Anda, Anda akan menanggung Pajak
Penghasilan (PPh) berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku. Anda
diwajibkan mencantumkan NPWP Anda pada bagian Bank Account Anda dalam Account
Information sebelum Anda dapat melakukan penarikan uang. Kami akan
memberikan laporan pemotongan pajak setiap bulannya.
10.5.
Apabila anda memerlukan slip pembayaran, Anda dapat mengirimkan permintaan ke
email adadokter@gmail.com yang disertakan dengan tujuan dan periode
pembayaran.
11.
PESAN DAN BERBAGI
Anda
mengerti bahwa ketika Anda berbagi informasi, pihak lain dapat melihat,
menyalin dan menggunakan informasi itu tanpa diketahui oleh Anda maupun Kami.
12.
PEMBERITAHUAN
12.1.
Semua pemberitahuan atau permintaan informasi kepada atau tentang Kami akan
diproses jika dikirimkan melalui e-mail ke: adadokter@gmail.com
12.2.
Semua pemberitahuan dan/atau permintaan kepada atau tentang Anda akan diproses
bila diserahkan langsung, dikirimkan melalui kurir, surat tercatat, atau alamat
e-mail yang diberikan oleh Anda kepada Kami . Anda dapat menunjukkan bahwa
pemberitahuan tersebut, baik dalam bentuk fisik maupun elektronik, telah
dikirimkan kepada Anda tersebut.
13.
KEAMANAN APLIKASI
Kami
senantiasa melakukan upaya yang wajar untuk menjaga Aplikasi berfungsi dan
berjalan lancar. Bagaimanapun juga, Kami tidak bertanggung jawab dan tidak akan
bertanggung jawab atas ketidaktersediaan Aplikasi dan/atau fitur Layanan yang
disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk namun tidak terbatas pada keperluan
pemeliharaan atau masalah teknis. Namun demikian, Anda mengetahui dan setuju
bahwa transmisi atau akses internet tidak selamanya menciptakan suatu transaksi
pembayaran yang aman dan pribadi, dan karenanya setiap pesan atau informasi
yang Anda kirimkan atau gunakan dalam Aplikasi mungkin dapat dibajak atau
diambil oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.
14.
TIDAK ADA JAMINAN
Aplikasi
ini disediakan “sebagaimana adanya” dalam arti Anda mengakui dan menyetujui
bahwa seluruh risiko yang ditimbulkan dari penggunaan fitur Aplikasi oleh Anda
tetap sepenuhnya ada pada Anda dan Anda tidak memiliki hak untuk meminta ganti
rugi apapun dari Kami. Kami tidak memberikan pernyataan ataupun jaminan terkait
dengan:
(a).
bahwa Aplikasi ini akan bebas dari kesalahan dan/atau kecacatan maupun saat
beroperasi dengan kombinasi dengan perangkat keras, perangkat lunak, sistem
atau data lainnya serta bahwa kesalahan dan/atau kecacatan dalam Aplikasi akan
diperbaiki.
(b).
ketersediaan dan kehandalan Aplikasi maupun server-server pendukung yang
menyediakan Aplikasi, termasuk terbebas dari virus dan komponen berbahaya lain.
(c).
keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan
kelengkapan dari fitur Aplikasi.
(d).
bahwa fitur dalam Aplikasi akan sesuai dengan harapan dan kebutuhan Anda.
(e).
bahwa kualitas produk, fitur dan informasi yang tersedia akan memenuhi harapan
dan kebutuhan Anda.
15.
PENUTUP
15.1.
Hubungan Kami dan Anda merupakan suatu hubungan kemitraan dan di antara kita
tidak memiliki hubungan keagenan, usaha patungan, karyawan-perusahaan atau
pemilik waralaba-pewaralaba yang akan timbul dengan adanya Ketentuan Layanan
ini.
15.2.
Judul di dalam Ketentuan Layanan ini dibuat hanya sebagai acuan, dan sama
sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang
termaktub dalam pasal tersebut.
15.3.
Kami memiliki hak untuk menginvestigasi dan menuntut hak Kami untuk setiap
pelanggaran atas Ketentuan Layanan ini sepanjang yang dimungkinkan dan
diperkenankan oleh hukum. Anda dengan ini mengakui bahwa Kami memiliki hak
untuk memonitor akses penggunaan situs dan Aplikasi untuk memastikan kepatuhan
dengan Ketentuan Layanan ini, atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku atau perintah
atau persyaratan dari pengadilan, lembaga administratif atau badan pemerintahan
lainnya.
15.4.
Kami berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang
diperlukan apabila ditemukan tindakan manipulasi/kecurangan, seperti menutup atau
membatalkan akun, membatalkan transaksi, menahan dana, serta hal-hal lainnya
untuk sementara jika ditemukan indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran
Ketentuan Layanan dan Ketentuan Kami dan ketentuan hukum yang berlaku di
wilayah negara Indonesia.
15.5.
Pengesampingan atau toleransi atau kegagalan Kami untuk mengklaim suatu
pelanggaran ketentuan dari Ketentuan Layanan ini oleh Anda atau untuk
melaksanakan hak yang dinyatakan oleh Ketentuan Layanan ini atau hukum yang
berlaku, tidak dapat dianggap sebagai pengesampingan sehubungan dengan
pelanggaran berikutnya dari setiap ketentuan atas Ketentuan Layanan.
15.6.
Dalam hal suatu ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini dianggap tidak sah atau
bertentangan dengan hukum, hal tersebut tidak akan mempengaruhi
ketentuan-ketentuan lain yang berlaku, yang akan terus berlaku penuh.
15.7.
Ketentuan Layanan ini diatur oleh dan harus ditafsirkan serta dilaksanakan
berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan Anda dengan
tegas menyetujui bahwa bahwa ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum
Perdata dan ketentuan lainnya yang mewajibkan adanya pengesahan atau
persetujuan pengadilan untuk dapat mengakhiri Ketentuan Layanan tidak berlaku
terhadap Ketentuan Layanan ini.
15.8.
Ketentuan Layanan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan dapat dibuat
terjemahannya dalam Bahasa Inggris di kemudian hari. Jika terdapat
ketidaksesuaian antara versi Bahasa Indonesia dan versi Bahasa Inggris, maka
versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku.
15.9.
Pengabaian atau pelepasan atau kegagalan untuk menuntut pelanggaran dari
ketentuan mana pun dari Syarat dan Ketentuan ini atau untuk melaksanakan hak
apa pun yang ditentukan oleh Syarat dan Ketentuan ini atau hukum yang berlaku,
tidak akan dianggap menandakan pengabaian perihal pelanggaran selanjutnya atas
ketentuan mana pun di sini.
15.1.1.
Syarat dan Ketentuan ini telah disiapkan dalam bahasa Inggris dan Indonesia,
keduanya akan mengikat Anda dan kami. Apabila terdapat ketidakonsistenan antara
versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, versi bahasa Inggris akan berlaku.
15.1.2.
Jika ketentuan apa pun di bawah Syarat dan Ketentuan ini dianggap ilegal, tidak
valid, atau tidak dapat dilaksanakan, secara keseluruhan atau sebagian, di
bawah pemberlakuan atau peraturan hukum, ketentuan atau bagian dari ketentuan
tersebut, sejauh itu, dianggap bukan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan
ini, tetapi kelegalan, keabsahan, dan kemampuan pelaksanaan dari sisa Syarat
dan Ketentuan ini tidak akan terpengaruh.
15.1.3.
Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dari waktu ke waktu. Perubahan apa pun
terhadap Syarat dan Ketentuan ini akan dipublikasikan di Platform. Penggunaan
Platform menandakan persetujuan dan penerimaan Anda terhadap perubahan
tersebut.
15.1.4.
Segala sengketa yang berkaitan dengan Ketentuan Layanan ini, diselesaikan
secara musyawarah untuk mufakat atau melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia
(BANI), sesuai dengan prosedur yang berlaku di BANI. Apabila kedua belah pihak
tidak sepakat untuk menyelesaikannya sengketa di BANI, maka sengketa akan
diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Komentar
Posting Komentar